Senin, 13 Februari 2017

Terkenal Karena Keangkerannya, Beringin Memiliki Manfaat Tersembunyi

Di Indonesia, pohon beringin sangat tidak jarang diasosiasikan dengan hal-hal mistis. Banyak di kalangan masyarakat kita yang percaya jika pohon beringin adalah “rumah” favorit bagi mahluk halus seperti kuntilanak, ataupun pocong. Walhasil, pohon beringin di Indonesia hanya terkenal dengan citra mistisnya saja. Tapi apakah kalian ketahui, bahwa pohon yang memiliki akar yang menggantung ini sesungguhnya memiliki berbagai manfaat kesehatan yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya? Berikut adalah beberapa manfaat dari pohon beringin bagi kesehatan kita.
Pohon Beringin via https://www.dolphinsandyou.com
1.      Mencerahkan Muka
Daun pohon beringin ternyata memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah.Berikut langkahnya: Petik lima sampai enam lembar daun beringin usahakan yang sudah berwarna kekuningan dan haluskan (ulek) bersamaan dengan daun melati dan kayu cendana. Tambahkan sedikit air kedalam ulekan tadi sampai berbentuk pasta. Setelahnya, oleskan ke area wajah. Ramuan ini tidak hanya mencerahkan wajah tetapi juga menyembuhkan jerawat yang menganggu penampilan.

2.      Menyembuhkan Masalah Telinga
Apakah telinga anda merasa gatal ataupun panas secara tiba-tiba. Tenang saja, masalah tersebut dapat diselesaikan dengan getah beringin. Berikut langkahnya: Ambil sedikit (beberapa tetes saja) getah beringin dan campurkan dengan minyak mustard. Setelah tercampur, teteskan satu sampai dua tetes ke dalam telinga. Tunggu beberapa saat dan rasakan manfaatnya.

3.      Mengatasi Masalah Kebotakan
Rambut adalah mahkota tak hanyabagi wanita tapi juga pria. Rambut memiliki peran penting bagi penampilan seseorang. Lantas, bagaimana jika masalah rambut “menyerang” seseorang sehingga mempengaruhi penampilannya? Tenang saja! Dengan daun beringin, masalah tersebut bisa diatasi.
Berikut langkahnya: Siapkan abu daun beringin sebanyak 20-25 gram dan campurkan dengan 100 ml minyak biji rami. Setelah semuanya tercampur, oleskan minyak ke kepala dan pijit perlahan. Ramuan ini mampu menyembuhkan kebotakan dan merangsang rambut baru untuk tumbuh.


4.      Mengatasi Mual
Bila anda merasa mual, daun beringin juga dapat mengatasinya. Berikut langkahnya: ambil beberapa lembar daun beringin, sebanyak 20 gram. Tumbuk halus bersama dengan tujuh butir buah cengkeh. Larutkan dan didihkan tumbukan tersebut untuk kemudian diberikan ke pada mereka yang menderita mual-mual.

5.      Mengatasi Luka Bakar
Luka bakar sangat menyiksa. Karena selain menimbulkan rasa sakit, luka ini juga menyebabkan sensasi panas di kulit. Untungnya, daun beringin lagi-lagi dapat meringkankan rasa sakit akibat luka bakar. Berikut langkahnya: Petik tunas dan daun muda beringin. Kemudian, tumbuk tunas dan daun muda bersamaan dengan dadih. Setelah rata tercampur, oleskan ramuan tersebut ke bagian tubuh yang terbakar. Sensasi dingin yang diberikan ramuan ini akan membantu meredakan rasa sakit akibat luka bakar
.
Sekian manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan beberapa bagian daun beringin. Semoga manfaat tersebut, menginspirasi kita untuk semakin mencintai alam dan menjaga kelestariannya. Karena dari alamlah kita bertahan hidup, maka seudah selayaknya kita menjaganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar