Minggu, 05 Februari 2017

Berbahaya!!! Tanaman yang Mungkin ada di sekitar Anda ini Dapat Menyebabkan Kematian


Kalajengking, lipan, dan ular ditakuti oleh kebanyakan dari kita karena binatang-binatang tersebut terkenal dengan racunnya yang berbahaya dan mematikan. Tapi tahukan anda bahwa tidak hanya binatang, tanaman pun juga mempunya racun yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan hilanganya nyawa siapa saja yang mengkonsumsinya? Di bawah ini akan disajikan 5 tanaman paling berbahaya

   1.    Water Hemlock (Cicuta Maculata)
Water Hemlock via https://www.wildernessawareness.org

Water Hemlock adalah tanaman yang masih memiliki hubungan dekat dengan tanaman beracun bernama Posion Hemlock,yang terkenal karena menyebabkan hilangnya nyawa filsuf kuno terkenal yaitu Socrates. Water hemlock telah dengan sukses menyandang gelar sebagai “tanaman bengis beracun” di daerah Amerika Utara karena tingkat racun dari tanaman ini yang sangat tinggi.
Tanaman yang mengandung banyak racun di akarnya ini menyerupai tanaman seledri yang notabene adalah tanaman yang tidak beracun dan dapat dimakan. Oleh karenanya, mereka yang tertipu dengan penampilan dan mengira Water Hemlock adalah seledri dan memakannya, akan mengalamai akibat yang fatal.
Mereka yang terkena racun tanaman ini biasanya dicirikan dengan gejala seperti kram perut, mual, yang bisa menyebabkan kematian. Sedangkan, mereka yang selamat setelah mengkonsumsi tanaman ini biasanya akan mengalami amnesia.

       2.      Deadly Nightshade (Atropa Belladonna)
Deadly Nighshade via http://il3.picdn.net
Tanaman kedua ini menjadi terkenal karena legenda yang menyangkut-pautkan tanaman ini dengan kematian pasukan Denmark saat berperang melawan tentara Macbeth. Dikatakan bahwa tentara Macbeth berhassil meracuni tentara Denmark dengan buah Deadly Nightshade.
Tanaman asli daerah Eurasia Tengah dan Selatan ini memiliki buah yang menarik dan rasanya yang terkenal manis. Sebabnya, mereka yang tidak mengetahui bahwa buah tanaman ini sangat berbahaya, akan langsung memakannya. Tanaman ini sendiri memiliki daun yang berwarna hijau pucat dan buah yang berwana hitam mengkilap.
Tanaman ini beracun karena pada batang, daun, akan maupun buahnya mengandung atropine dan scopolamine yang jika dikonsumsi akan menyebabkan lumpuhnya otot dan rusaknya fungsi kinerja jantung. Dipercaya, selain buahnya yang berbahayajika dikonsumi, daun tanaman ini akan menyebabkan iritasi jika tersentuh oleh kulit manusia.

       3.      White Snakeroot (Ageratina Altissima)
White Snakeroot via https://virginiawildflowers.files.wordpress.com
Tanaman semak-semak yang memiliki bunga berwarna putih dan banyak dijumpai di halaman maupun sawah-swah di Indonesia ini sebenarnya tidak berbahaya jika terkena atau tersentuh oleh manusia. Namun, tanaman ini memiliki sejarah kelam karena berhasil membunuh Nancy Hanks,ibunda dari Abraham Lincoln.
Nancy sendiri tidak mengkonsumsi tanaman ini secara langsung sebelum kematiannya. Kematiannya sendri lebih disebabkan karena ia meminum susu yang diperah dari sapi yang memakan tanaman ini. Tanaman ini memiliki racun yang dikenal dengan trematol. Trematol sendiri memiliki kemampuan untuk tetap tersimpan dalam susu maupun dagin binatang ternak yang memakan tanaman ini.
Gejala dari merek yang terkena racun trematol adalah seperti kehilangan nafsu makan, mual-mual, lemas, lidah memerah, kram perut, yang bisa menyebabkan kematian.

       4.      Rosary Pea (Abrus Precatorius)
Rosary Pea via https://virginiawildflowers.files.wordpress.com
Tanaman berbahya selanjutnya adalah Rosary Pea. Rosary Pea adalah tanaman yang banyak tumbuh di daerah tropis. Tanaman yang memiliki buah berbentuk kacangan-kacangan berwarna dominan merah dan sedikit warna hitam diujungnya ini dikenal mematikan karena mengandung abrin.
Abirin sendiri adalah zat beracun yang dapat menyebabkan kerusakan organ vital manusia dan 3 mikrogram Abirin dapat menghilangkan nyawa orang dewasa. Satu butir buah Rosary Pea sendiri mengandung lebih dari 3 mikrogram abirin, yang artinya, jika kacang-kacangan ini tertelah, atau terkunyah oleh orang dewasa maka ia mampu dengan cepat menyebabkan kematian.
 
       5.      Oleander (Nerium Oleandar)
Oleander via http://0.tqn.com

Oleander sendiri adalah tanaman yang memiliki bunga yang sangat indah sehingga tak ayal, banyak orang yang menanam bunga ini sebagai tanaman hias. Di balik kecantikan bunganya, Oleander mengandung racun yang bernama oleandrin dan neriine, yang jika terkonsumsi oleh manusia dapat menyebabkan kematian.
Gejala dari mereka yang terkena racun tanaman Oleander adalah seperti mutah-mutah, diare, kejang-kejang, koma, yang dapat menyebabkan kematian. Meskipun kasus kematian karena tanaman ini  sangat jarang, karena racun yang dikandung oleh Oleander sangat kuat sudah sepatutnya kita berhati-hati.

Show comments
Hide comments

11 komentar:

  1. wah yg kedua kaya nya pernah liat , duh musti hati-hati
    thank ya gan info nya :)

    BalasHapus
  2. Di indonesia ada gak tanaman kaya gitu gan,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mas Nicko yang nomor 3. Banyak di sawah sawah.

      Hapus
  3. yang ke empat kayak buah saga gan di daerah ane
    hampir mirip bentuknya

    BalasHapus
  4. Ngeri juga nih, di Indonesia ada ngga ya

    BalasHapus
  5. atut gan ane ngak suka taneman hehe

    BalasHapus
  6. gan saya mau nambahin deh, daun bahagia tau ndak? yang sering di tanam di depan rumah, bentuk nya seperti daun kuping gajah. ternyata itu juga bahaya kalau terkena getah nya, bisa gatal gatal sampai amsyong hahaha.
    btw jarang kita temui ya tanaman yang kaya diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tau gan. Kata orang disekitar rumah ane juga katany daun itu getahnya berbahaya.

      Hapus