Selasa, 27 Desember 2016

Wow! Ternyata Inilah Serangga Terindah yang Paling Banyak di Buru oleh Para Kolekter!

Keindahan merupakan sesuatu yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Kita akan berusaha mencari keindahan dari segala aspek kehidupan, mulai dari pakaian, karya seni, alam, bahkan serangga. Tahukan kalian, bahwa terdapat serangga di dunia ini yang dinobatkan sebagau serangga terindah? Jika belum, maka kali ini bukan politik akan memberikan informasi mengenai serangga yang memiliki keindahan di atas serangga lain tersebut.


Madagascar Butterfly via http://www.nationalgeographic.it
Perkenalkan kupu-kupu sunset atau dalam Bahasa Inggris sering disebut dengan Sunset moth. Kupu-kupu ini berasal dari Madagaskar dan Ameika Selatan, dan kenapa kupu-kupu ini dinobatkan sebagai kupu-kupu terindah ialah karena corak warna yang terdapat pada sayapnya.
Tidak seperti kebanyakan serangga lainnya, sayap pada kupu-kupu sunset tidak memiliki pigmen. Karenanya, warna indah yang kita lihat pada kupu-kupu ini sebenarnya dalah warna yang dihasilkan oleh pembiasan yang terjadi pada “pita-mikro” yang terdapat pada sayap.
 
Madagascar Butterfly via http://66.media.tumblr.com
Kupu-kupu yang pertama kali ditemukan pada tahun 1773 oleh Dru Drury ini mencapai puncak populasinya pada bulan Maret sampai April sedangkan pada bulan Oktober sampai Desember jumlah kupu-kupu ini akan semakin sedikit. Saat bereproduksi, kupu-kupu betina akan, biasanya, menghasikan 80 butir telur yang diletakan dibawah dedaunan. Ketika telur-telur tersebut menetas menjadi ulat, ia akan memiliki tubuh berwarna kuning keputihan dengan titik0titik hitam ditubuhnya dan kaki berwarna merah.
Kupu-kupu yang tergolong bintang diurnal ini , yaitu aktif pada siang hari, memiliki kemampuan untuk mengubah corak warna pada syapnya dari biru ke hijau keemasan ke warna kekuningan. Perubahan warna ini dapat kita lihat saat kita melihat sayap kupu-kupu ini dari angel atau sudut pandang yang berbeda. Karena kemapuannya inilah, maka tak heran jika serangga ini menjadi serangga yang paling banyak diburu oleh para kolektor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar